Mau Jadi Pengusaha Sukses? Tak Usah Kuliah!

Setidaknya itu menurut Bob Sadino, pengusaha kenamaan, saat memberi orasi di Udinus. Menurut dia, seperti yang dilansir Jawa Pos (18/12/07) universitas tidak mengajarkan kita untuk bekerja atau membuat pekerjaan. Universitas, menurut dia, hanyalah tempat pembodohan. Jangan pernah berharap jadi pengusaha sukses hanya dengan mengandalkan sederetan gelar S1, S2 dan S3. “Paling banter Anda akan jadi kuli,” begitu katanya mantap.

Saya setuju dan tidak setuju dengan pendapat Bob Sadino di atas. Setuju, kalau kita kuliah dengan harapan jadi kaya adalah salah jalur. Kuliah, atau belajar, adalah proses pencerdasan. Perluasan wawasan dan, dengan demikian, diharapkan kita akan menjadi “manusia yang lebih baik.”

Dengan demikian, saya tidak setuju dengan anjuran Bob Sadino agar kita tidak usah kuliah.
Belajar setinggi mungkin tidak salah. Yang salah kalau kita belajar sampai gelar tertinggi dengan harapan ingin jadi kaya. Jelas itu bukan jalurnya. Dengan kata lain, itu bukan jalur yang “lazim” untuk menjadi kaya. Seorang dengan gelar doktor atau PhD hanya–berdasar titel–hanya akan menjadi pegawai. Pegawai tinggi atau rendah sama saja. Ia tetap pegawai, kuli. Titik. Kalau dengan menjadi kuli dia kaya, maka jelas kayanya tidak akan melebihi bosnya yang sangat mungkin tidak punya gelar atau cuma bergelar S1.

Jadi, kuliahlah sampai jenjang paling tinggi kalau ingin jadi pinter. Tapi cukuplah selesaikan S1 Anda dan cepat-cepat membina usaha untuk menjadi pengusaha kaya dan sukses. Pilihan di tangan Anda.

About these ads

64 gagasan untuk “Mau Jadi Pengusaha Sukses? Tak Usah Kuliah!

  1. kuliah itu sangat penting sekali..
    karena banyak juga pengusaha yang sukses awal nya menimba ilmu di bangku kuliah…
    dalam hal ini, kita tidak boleh memberikan persepsi yang sifatnya mendominasi bahwa kuliah itu tidak penting…okay…
    salam entrepneurship muda……

  2. saya setuju dengan om bob yang fungky, mau pinter sekolah, mau kaya buka usaha! bukan begitu, ngomong2 om bob serkolah ngak

  3. menurut saya kuliah itu jlas pnting, karena pendidikan tetap harus mnjdi no satu, pengusaha adalah pekerjaan yang sangat mulia. memang ada dari sebagian pengusaha yang tidak kuliah bahkan hanya tamatan sma. itu sah-sah saja, selagi mampu untuk mengembangkan diri kenapa tidak. namun, kuliah sekarang ini memang harus kita rasakan selain untuk ada pengalaman menjadi mahasiswa dan hitung0hitung untuk nambah wawasan dan partnership.

  4. berikan satu alasan yang tepat, knp qt harus kuliah………..
    kuliah hanya menuntun kita menjadi hewan ternak yg harus mengikuti aturan yang ada. semakin tinggi ijazah seseorang semakin gengsilah dia melakukan hal2 yang kecil, yang sebenarnya menjadi peluang hidup mereka. mereka tak lain hanyalah pecundang yang takut akan ketakutannya.

    hidup adalah plihan, pilihlah yg mana jalanmu!

    bayangin az klo smua orang menjadi pengusaha atau orang kaya…………….
    sudahlah, mereka yang takut akan ketakutannya akn menjadi pecundang, orang yang paling bodoh adalah orang yang tak pernah mengeluarkan kemampuan maksimalnya! silahkan menjadi pegawai……….
    pengusaha yang membayar kalian…………………………
    it’s balance and fair!

  5. tergantung kemauan orang tersebut,
    jdi pengusaha tanpa kuliah,bisa saja

    tapi sebaiknya kuliah ,alnya banyak manfaatnya

  6. Katanya pengusaha itu ada yang dilahirkan dan diciptakan. Jika kita bercita-cita ingin menjadi pengusaha tapi merasa bukan yang tergolong “dilahirkan” jadi pengusaha, maka kuliahlah :)

  7. sy kira kuliah (lembaga formal)tdk hrs setinggi2nya (konteks indonesia masa kini) dgn segala kemahalannya (pasar). barangkali akan jauh lebih sejuk di dengar ketika pernyataannya seperti yg pernah sy simak dr salah satu tokoh, bhw cari dan raihlah ilmu setinggi2nya dimana dan kapanpun. jd sebenarnya dlm mencari ilmu itu tdk hrs melewati pendidikan formal yg tinggi, namun pd setiap kesempatan dan kondisi kt dpt mengambil pelajaran (proses fikir) sehingga akan menjadi bahan evaluasi utk memperbaiki keadaan menjadi jauh lebih dinamis dr hr ini. dan kenyataannya pd hr ini yg paling byk ikut berperan menghancurkan peradaban dunia ini adalah org2 pinter jebolan perguruan2 tinggi ternama dunia termasuk di indonesia ini (para koruptor). tdk pernah sy dengar bhw para penghancur kelas kakap seperti koruptor2 tsb, adalah mereka yg tdk mengenyam pendidikan tinggi2 seperti para petani/nelayan yg hanya tahu bekerja sesuai dg kapasitas mereka. merekalah yg hrsnya dianggap sbg org2 cerdas scr mental yg pd hr ini dianggap sbg kalangan (klasifikasi) menengah kebawah dalam segala aspek, :), Wallahu alam

  8. ilmu falasafah aja perdalam yang jelas bahagialah jadi manusia karena terlepas dari semua itu manusia hanya mencari kebahagian. berdebat akan satu hal tak kan bisa diselsaikan tapi kita harus memutuskan jalan hidup yang akan membuat kita bahagia meskipun tidak meraih apapun. hiduplah bersahaja

  9. pada akhirnya saya berpikir bahwa kuliah tidak benar benar mengantarkan anda untuk menjadi seseorang yang unggul dalam segi finansial, malah anda telah membatasi diri anda dalam kurun waktu yang lama lantaran investasi waktu,umur,tenaga dan daya upaya gairah jiwa muda tak terpedaya.

  10. tapi untuk jadi pengusaha disamping punya modal kan juga harus punya pengetahuan.
    kalau ingin jadi orang kaya/sukses jangan lupa sedekah ya.
    dengan sedekah kalo tidak kaya di dunia insya allah kaya di akhirat amin.

  11. Kuliah silahkan tidak juga tidak apa-apa. Tapi Jangan diartikan kuliah itu cuma jurusan Teknik, MIPA, Sosial dll. Ada kuliah Bisnis, kepemimpinan/leadership, ketatanegaraan, strategi, spiritual dll. banyak macamnya. Banyak juga Kuli yang gajinya sebulan 250 juta keatas bahkan ada juga kuli yang mampu membeli sebuah perusahaan perkebunan kelapa sawit dari gaji yang di tabungnya dng omset milliaran dan banyak juga pengusaha yang bangkrut krn krisis global. silahkan anda memilih. Yang terpenting jadilah dirimu sendiri jangan menjadi orang lain itu lebih penting karena kamu yang lebih mengenali dirimu sendiri. dan setiap individu ditakdirkan memiliki kelebihan & keunikan yang ruarrrrrr biasa jika kamu kenali dirimu sendiri ….terimakasih

  12. Gampangnya Guni deh……………..

    Harus Punya Niat Buat Jadi Pengusaha Sehabis Kuliah……..

    yA JaNGAn siap JAdi KARYAwan terus yang diSURUh-suruh,,,

    Nah………………..

    KlO uDAh KulIah GMN Klo nerapin Ilmu kEWIRAUSAHAAN………

    ok…salam SUKSES……………………………..

Silahkan berkomentar dengan santun

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s