Koneksi Internet via HP

Cara koneksi internet via hp (hand-phone, ponsel)
Sejak sekitar dua minggu lalu, koneksi internet STARONE Indosat saya hentikan. Alasannya sederhana, tidak bisa konek karena tidak ada sinyal. Saya tidak tahu persis, apa sinyal Starone yang salah atau modem CDMA-nya yang kurang bener. Yang pasti saya sudah talak tiga dengan Starone.  Kebetulan juga sejak bulan Agustus (kalau tidak salah) Speedy sudah masuk ke rumah saya dan saya cukup puas dengan layanan unlimited-nya (Rp 750.000/bulan).

Namun buat saya, Speedy memiliki satu kendala. Ia tidak bisa dibawa ke mana-mana. Tidak mobile. Sehingga saat saya bepergian/ keluar rumah, saya tak bisa lagi berinteraksi dengan internet. Ini beda ketika koneksi Starone masih jalan. Jadi, untuk keperluan mobile saya itu, saya perlu koneksi internet tambahan yang wireless khusus untuk dipakai saat keluar rumah.

Ada dua alternatif untuk memiliki koneksi wireless yang mobile dalam hemat saya. Pertama, koneksi memakai handphone (hp/ponsel) dan, kedua, memakai laptop dengan nomor hp (yang GSM/3G, bukan CDMA). Dua-duanya saya belum pernah coba. Karena itu, saya ingin teman-teman yang koneksi internet memakai hp untuk sharing di sini (di kotak komentar) setidaknya beberapa hal yang ingin saya ketahui yang mungkin akan sangat bermanfaat buat yang lain juga. Jawaban yang informatif akan saya taruh di posting ini sekaligus dengan nama dan alamat link blog Anda.

Pertanyaannya sbb:

  1. Anda koneksi internet dengan memakai HP. (a) Tolong sebutkan merk dan jenis HP yang Anda pakai untuk koneksi internet (sekalian harganya kalau bisa). (b) Tolong sebutkan nama provider dan jenis layanan selular yang dipakai. Contoh, Nama provider: Telkom; Jenis layanan: Simpati Flash, dll. (c) Bagaimana cara nyambungnya (kalau bisa step-by-step). (d) Apakah layanan yang Anda pakai cukup luas cakupannya sampai ke kawasan terpencil? (e) Bagaimana dengan kecepatannya? Berapa kbps?
  2. Kalau Anda memakai laptop, (a) bagaimana proses koneksi ke Laptop; (b) Modem apa yang dipakai; (c) Apa nama providernya? (d) Apakah coverage area (cakupan) cukup luas dalam arti dapat dibawa ke kawasan pedesaaan?
  3. Bagi yang tinggal di kawasan Malang raya (kota dan kabupaten), apakah Anda mengetahui layanan koneksi internet yang wireless yang memiliki coverage area cukup luas dan dapat mobile?

Sharing Anda dalam hal ini akan bermanfaat buat saya dan teman-teman yang lain.

Tips & Share dari:

1. Halfian:
Jenis HP: Samsung SGH-Z170; Harga: 1.5 juta; Layanan koneksi: Telkomsel Flash 3G. Untuk detail pemakaian, lihat di kotak komentar.

2. Kembangpete:
Jenis HP: Samsung SGH-Z170; Harga: 1.5 juta; Layanan koneksi: Mentari Indosat +Opera mini.

3. Bunyu Online, Pulau Bunyu Kaltim (Pake Laptop, ponsel sebagai modem)
Jenis HP: Nokia 6300; Harga: 1.6 juta; Layanan koneksi: Telkomsel Flash (gprs paket data).
Cara nyambung Laptop/PC dengan Ponsel, lihat di kotak komentar di bawah.

4. Dede Hendriono (Pake komputer, hp sebagai modem)
Jenis Ponsel: Sony Ericsson K510i; Layanan Koneksi: Kartu Prabayar IM3 (GPRS) Indosat.
Komputer: Pentium(R) 4 CPU 2.00 Ghz, RAM 512 Mb
Kecepan: -/+ 112 kbps
Tutorial cara setting lebih detail, lihat di sini.

5. Himawan (Pake Laptop, Ponsel sebagai modem)
Jenis Ponsel: nokia 3110c; Harga 1,3 jt; Layanan Koneksi: 3 (three); Sambung ke Laptop/PC: via usb cable. Ket: di daerah kurang bagus sinyalnya.

6. AGJI (Pakei HP atau modem gsm)
Jenis Ponsel: SE K530i; Harga 1,3 jt; Layanan Koneksi: Indosat 3,5G unlimited;
Lokasi pemakaian: Jakarta, Bekasi.
Info detailnya, lihat di sini.

7. PTC dan Paid Review Indonesia (Hp sebagai modem)
Jenis Ponsel: nokia 2115i; Harga 300-400 ribuan; Layanan Koneksi: indosat starone;
Selengkapnya lihat di sini.

8. Henny (browsing pakei HP)
Jenis Ponsel: SE K660i ; Layanan Koneksi: T-Sel Flash ;
Selengkapnya lihat di sini.

9. Pak Tas (browsing pake HP)
Jenis Ponsel: nokia 6030; Harga 400 ribuan; Layanan Koneksi: Mentari Indosat;
Teknik cara setting lihat di sini.

85 thoughts on “Koneksi Internet via HP

  1. Ping-balik: Belajar WordPress Bagi Pemula | Tempat Berbagi Untuk Semua Orang

  2. Hi I am so excited I found your weblog, I really found you by accident, while I was looking on Digg for something
    else, Nonetheless I am here now and would just like
    to say many thanks for a incredible post and a all round interesting blog (I also love
    the theme/design), I don’t have time to read through it all at the minute but I have book-marked it and also added in your RSS feeds, so when I have time I will be back to read much more, Please do keep up the great work.

  3. Ping-balik: Tutorial Blog | fentanovii

  4. Ping-balik: Panduan tutoria… | arirahmadani

Silahkan berkomentar dengan santun

