Pindah Pakai Web Hosting Hostgator

Pindah Pakai Web Hosting HostgatorPindah hosting dari Indonesia ke ke Hostgator

Update: sejak 26 Agustus 2009 sampai sekarang 15 Juli 2010 tidak ada sedikitpun gangguan sejak saya pindah ke Hostgator. Ini berbeda saat saya memakai hosting Indonesia. Impor dari blogger blogspot juga lancar. Sedang saat pakai hosting Indonesia terjadi error terus.

Akhirnya sejak tadi malam hosting fatihsyuhud.com pindah ke Amerika, yaitu hostgator.com yang merupakan satu dari 10 penyedia layanan webhosting terbesar dunia (2 juta user lebih). Sebelumnya, saya memakai layanan hosting Indonesia yang juga termasuk 10 besar layanan hosting di Indonesia (bagi yang masih mau coba memakai layanan hosting lokal, link di atas bisa dijadikan rujukan).

Bagi pengunjung fatihsyuhud.com mungkin tidak begitu merasakan hal ini, karena yang nampak bagi visitor kan domainnya, bukan hostingnya.[1] Namun bagi visitor tetap, tentu merasakan perbedaannya: lebih cepat loadingnya, dan lebih uptime (jarang down). Semoga kecepatan dan uptime (tidak byar pet) ini terus berlanjut.

Kenapa saya pindah hosting? Sebenarnya saya malas pindah-pindah. Saya sudah nyaman di hosting lokal. Layanan CS dan teknisinya pun lumayan ramah dan responsif. Yang menjadi masalah adalah paket layanan yang relatif mahal dengan bandwith dan kapasitas terbatas. Bulan lalu (Juli 2009) saya terpaksa bayar tambahan sampai 3 kali untuk biaya bandwith selama seminggu. Padahal saya sudah ambil paket terbesar untuk shared-hosting yaitu 200 ribu / bulan yang berarti Rp 2.400.000 (dua juta empat ratus ribu) pertahun.

Sementara, hostgator.com menyediakan paket shared-hosting yang disebut dengan Baby serba unlimited (unlimited bandwith, diskspace, domain dan subdomain) hanya USD 7.95 (kira-kira Rp. 80.000) perbulan atau USD 95.4 dollar atau kira-kira Rp. 1.000.000 (satu juta rupiah) pertahun. Jadi, selisih harga lebih dari separuh (lebih murah Rp 1.400.000).

Unlimited domain artinya umpama kita punya banyak domain, seperti domain1.com, domain2.com, domain3.com, domain4.com, maka semua domain tersebut dapat memakai satu hosting saja dengan bandwith yang semuanya unlimited!

Yang lebih menarik ada layanan seharga USD 4.95 / bulan juga dengan bandwith unlimited juga.

Yang terpenting bagi saya memilih hostgator adalah unlimited bandwith ini. Pikiran jadi tenang dan tak lagi dihantui oleh warning “Exceeded bandwith” yang membuat pengunjung juga jadi kesal saat memasuki fatihsyuhud.com tidak menemui apa yang mereka cari. Dan ini dapat berpengaruh juga pada SEO (search engine optimization – optimasi mesin cari) dan SERP (search engine result page – hasil pencarian mesin cari). Bukan kebetulan kalau SERP & traffic fatihsyuhud.com turun drastis sejak bulan Juli gara-gara sering byar-pet pada akhir bulan.

Saya juga jadi tenang karena tidak akan lagi surat peringatan dari customer service bahwa situs fatihsyuhud.com traffic-nya terlalu tinggi untuk shared-hosting dan supaya saya upgrade ke dedicated server saja (sekitar 2 jutaan sebulan).

Layanan Hostgator

Proses transfer dari hosting lama ke hosting hostgator dilakukan oleh tim hostgator dengan gratis. Selain itu ada layanan Chat dan Email yang sangat responsif.

Dengan fasilitas serba unlimited tersebut membuat saya ‘tergoda’ untuk membuat sejumlah subdomain di sana.

Jadi, itulah pengalaman pertama transfer konten blog / website dari hosting lokal ke hosting luar negeri. Semoga jadi tambahan pengalaman dan informasi bagi teman-teman sekalian yang sudah atau ada rencana untuk memakai top domain dan hosting berbayar. Oh ya, pembayaran via kartu kredit atau Paypal.


Note:

[1] Hosting, dalam konteks blog, adalah tempat admin untuk update dan merubah konten situs / blog. Hosting hanya dapat diakses oleh yang punya situs/blog. Sedang domain adalah alamat situs yang dapat diakses pengunjung. Contoh, fatihsyuhud.com, atau afatih.wordpress.com

About these ads

120 gagasan untuk “Pindah Pakai Web Hosting Hostgator

  1. Mas Fatih, saya punya masalah yang sama dengan hosting lokal, mau tanya Mas, Bagaimana cara memindahkan seluruh isi Blog kita dari Hosting Lama ke Hostgator?

    Salam

  2. Ping-balik: my blog

Silahkan berkomentar dengan santun

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s