Pondok Pesantren Al-Asriyah Nurul Iman Bogor

Nama pesantren: Pondok Pesantren Al-Asriyah Nurul Iman
Pengasuh: Habib Saggaf bin Mahdi
Alamat: Desa Warujaya, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor
Luas lokasi: 185 hektar
Jumlah santri: 18.000 orang
Ciri khas: Gratis. Santri bebas tinggal sampai program Sarjana S1 tanpa dipungut biaya.

Perputaran uang di Pondok Pesantren Al-Asriyah Nurul Iman, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, sangat fenomenal. Karena dalam setahun menembus angka triliunan.

PengasUh Pesantren Al-Asriyah Nurul Imam, Habib Saggaf bin Mahdi di Bogor mengatakan, omzet tahunan pesantren yang ia asuh mencapai triliunan rupiah. “Kami memutarkan berbagai jenis usaha untuk memenuhi kebutuhan santri. Dalam setahun omzetnya mencapai triliunan rupiah,” ujar Habib Saggaf bin Mahdi, seperti dilansir NU Online, kemarin.

Pesantren Al-Asriyah Nurul Iman berdiri di atas areal seluas 185 hektar yang terletak di Desa Warujaya, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor.

Populasi santri pesantren yang pernah menjadi lokasi Muktamar Luar Biasa (MLB) PKB Gus Dur tersebut 18.000 orang atau sebagai salah satu pesantren dengan populasi santri tertinggi di Indonesia.

Pihak pesantren tidak memungut serupiah pun dari 18.000 orang santri yang diasuhnya alias menggratiskan semua biaya kepada santri yang hendak belajar, bahkan hingga menamatkan perguruan tinggi.

Guna menutupi berbagai kebutuhan yang dihadapi santri, dewan guru, pengurus pesantren maupun yayasan, Habib Saggaf menyiasatinya dengan mengembangkan berbagai usaha.

Habib Saggaf mengatakan, dalam setahun kebutuhan yang harus dipenuhi pesantrennya mencapai Rp 18 miliar. Dana tersebut, diperolehnya dari berbagai lembaga usaha yang dikelola pesantren baik yang berada di sekitar komplek Nurul Iman maupun di berbagai daerah di Indonesia.

Menurut Habib Saggaf, aneka usaha antara lain berupa pengembangan agribisnis dengan omzet puluhan miliar per tahun.Budidaya ikan lele di atas areal seluas 45 hektar dekat komplek pesantren, menghasilkan omzet senilai Rp 12 miliar dalam setahun.

Sumber: Duta Masyarakat 31 Agustus 2010

About these ads

29 thoughts on “Pondok Pesantren Al-Asriyah Nurul Iman Bogor

  1. asslmalaikum, saya Mohon maaf yang sebesar-besarnya kepada Guru sekalis ibuku tercinta ummi Waheeda sekeluarga, karena saya mengundurkan diri dari pesantren dengan sangat menyesal saya lakukan itu. akhirul kalam wessalamualaikum werohmatullahiweberokatuh.

  2. Kepada pengasuh ponpes al ashriyyah nurul iman
    Assalamualaikum wr.wb.
    Salam silaturahmi kami sampaikan. Semoga kita selalu berada dalam lindungan Allah SWT.
    Disampaikan dengan hormat bahwa kami dari pondok pesantren yatama masakin adz-dzikraa Lamongan Arjasa Situbondo Jawa Timur ingin berkunjung ke Ponpes Al Ashriyyah Nurul Iman pada tanggal 6 februari 2014 dalam rangka studi komperatif.
    Sehubungan dengan hal tersebut, kami mohon kesediaan Bapak/Ibu Pengasuh/Pimpinan Ponpes Al Ashriyyah Nurul Iman untuk menerima kunjungan kami.
    Demikian surat permohonan kami buat, besar harapan kami atas kesediaannya dan kami sampaikan terima kasih teriring doa jazakumullah ahsanal jaza’.
    Wabillahi al taufiq wal hidayah
    Wassalamualaikum
    Pengasuh PPYM Adz-Dzikraa
    Drs. H. Fathorrasid, M.Si

  3. assalam mualaikum Wr.Wb Bapak/ Ibu
    saya orang tua yang akan memasukan anak saya ke pondok pesantren nurull iman untuk tahun ajaran 2013/2014 bagai mana prosedur pendaftaran dan proses Adm…

Silahkan berkomentar dengan santun

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s